Selasa, 17 Februari 2009

Stok Kapital, mengapa perlu dihitung?

Paling tidak ada tiga tujuan utama untuk menghitung stok kapital yaitu:

  1. Untuk memperoleh gambaran mengenai produk netto (surplus usaha, nilai tambah neto) dari suatu proses produksi. Produk neto ini dicari dengan mengurangkan nilai produksi (bruto) dengan penyusutan modal. Dan disinilah pentingnya kita memiliki data mengenai stok kapital. Dengan mengetahui stok kapital tentunya kita bisa memperkirakan berapa besar penyusutan yang akan terjadi.
  2. Untuk memberikan gambaran mengenai besarnya kekayaan yang diperoleh dari suatu proses pembangunan ekonomi pada suatu periode tertentu.
  3. Untuk mengetahui economic efficiency dan economic productivity dari kapital yang digunakan. efficiency bermakna kehematan dalam penggunaan kapital untuk memberikan nilai tambah, tentunya semakain besar perbandingan antara nilai tambah dengan penggunaan kapital akan lebih baik. kemudian untuk productivity diartikan sejauhmana penggunakan stok kapital untuk menciptakan sejumlah output.
Untuk mencapai dua tujuan pertama ukuran stok kapital yang digunakan yaitu wealth capital stock yang dalam terminologinya memberikan gambaran mengenai kekayaan suatu negara. sedangkan untuk tujuan ketiga dibutuhkan ukuran productive capital stock(PCS) yang menggambarkan penggunaan stok kapital. PCS ini diperoleh dengan mengurangkan nilai aset terhadap tingkat penurunan efficiency kapital yang berkaitan dengan usia pakainya.

1 komentar:

jabaricadogan 3 Maret 2022 pukul 22.18  

Best casinos in 2021
There are many different options for gambling at the 동두천 출장샵 top of 원주 출장마사지 the list – slots, 의정부 출장마사지 video poker, table games, 통영 출장안마 and bingo. However, the only thing you can bet on at these 충청남도 출장안마

Posting Komentar

  ©Template by Dicas Blogger.